in

Review Film THE BATMAN 2022 – Lebih Dark dari The Dark Knight

blank

Review Film THE BATMAN 2022. Hai ini adalah film Batman paling menakutkan langsung dari adegan pembuka yang brutal seolah tersirat pesan ini adalah Batman versi paling Dark dan emosional. The Batman adalah film Thriller psikologis yang ngeri penuh amarah dengan action yang brutal dan mematikan dan percaya atau tidak Matt Reeves berhasil melakukannya dengan baik menciptakan sebuah Masterpiece yang indah dan suram. Kamu pikir Batman versi Nolan paling realistis matriks berkata Hold My Bear. Film terbaru Rich department tidak seperti film Batman yang sering kita tonton ke Batman lebih seperti film detektif daripada film superhero. Katakanlah seperti Sherlock Holmes dipadu nuansa horor dengan penjahat berkostum aneh. Ini adalah kisah manusia kelelawar diceritakan dengan komitmen pada realita yang langsung membedakannya dengan semua film Batman yang pernah dibuat.

The Batman adalah film yang berdiri sendiri tapi tetap dipadukan dengan referensi film lain. Jujur selama menikmati film ini saya langsung teringat dengan beberapa film seperti Zodiak, Seven dan bahkan show walaupun tentu saja nuansa film yang suram dan realistis tetap mengingatkan saya pada Trilogi Dark Night karya Christopher Nolan ditulis oleh Clark dan disutradarai oleh materi Matt Reeves the Batman menceritakan dua tahun setelah Bruce Wayne menjadi Batman Masa dimana muncul seorang penjahat baru yang misterius bernama the riddler yang membunuh satu persatu para pejabat pemerintahan di kota Gotham. Pada tiap aksinya the riddler meninggalkan surat yang ditujukan pada Batman karenanya James Gordon selalu memanggil Batman ke TKP tapi kebanyakan petugas polisi lain tidak mempercayai Batman yang selalu main hakim sendiri di kota Gotham kecuali Gordon tentunya dan keduanya menjadi Duo pemecah kasus kriminal layaknya Sherlock dan Watson.Iitu adalah satu dari banyak hal yang membuat The Batman menjadi sangat menarik walaupun Batman adalah tokoh utamanya tapi james gorden no debat adalah tokoh kedua yang paling penting dari adegan pertamanya  Matt Reeves membuat The Batman menjadi film superhero bergaya detektif Batman dan Gordon pergi ke satu ke TKP ke TKP lain mencari petunjuk memecahkan teka-teki dan mencari tahu apa sebenarnya motif the riddler.

Selama menyelidiki the riddler Batman akhirnya tahu kebusukan kota-kota mulai dari korupsi yang merajalela di pemerintahan organisasi kriminal yang ternyata memegang kuasa politik dan bahkan sejarah keluarga Wayne sendiri yang ternyata tidak sebersih yang dia kira selama ini. Karena itulah film ini dianggap mengambil langkah berani dengan mempertanyakan sejarah dan tujuan Batman itu sendiri. Kriminal dikota-kota didominasi oleh polisi yang korup dan mafia yang intimidatif seperti Carmine Falcone, Saat Batman ingin bertemu tebing Carmine Falcone ia bertemu seorang pelayan bernama Selina Kyle yang tentu kalian tahu dia adalah Catwoman.

Dari sini plot menjadi makin menarik dengan kehadiran karakter-karakter terkenal di semesta Batman yang di interpretasikan ulang secara lebih realistis. The Batman adalah film tentang pencarian pencarian kebenaran sekaligus pencarian jati diri, tidak seperti Bruce Wayne film sebelumnya yang dipotret sebagai seorang milyuner dan Playboy. Bruce Wayne di film ini adalah versi suramnya lebih terkesan seperti anak muda Rebel yang menantang dunia tapi krisis identitas diri.

Bekerjasama dengan sinematografer gregg faster yang sebelumnya menggarap film drive membawa nuansa unik di film ini yang kebanyakan didominasi oleh warna merah dan hitam. Dan lampu neon yang berpendar di kota Gotham yang terguyur Hujan menambah atmosfir suram yang melankolis, ditambah setiap adegannya diambil dengan sangat baik tentu banyak CGI di film ini tapi terlihat sangat nyata dan meyakinkan seperti mobil-mobil yang hancur,kerumunan orang Batman yang sedang terbang kita tahu ada CGI disitu tapi sulit untuk menemukannya dengan jelas CGI yg di film ini terlihat sangat-sangat halus. Scoring dari Michael giacchino berdenyut sepanjang film seperti memberi nyawa pada Batman menegaskan identitas aslinya yang muram dan sangar.

Secara pribadi ini ada scoring film superhero Paling iconik nada-nadanya masih terngiang dikepala saya setelah film berakhir dan Rif dengan cerdas memanfaatkan beberapa lagu sebagai tema momen-momen kunci di film ini. Rekomendasi saya segera tonton film ini The Batman sekali lagi mengangkat kisah Wayne yang sudah kita tahu tapi dengan gaya yang lebih realistis dan unik dan lebih door daripada The Dark Night.

Leave a Reply

blank

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review HUAWEI WATCH FIT 2 Baterai tahan 5 hari

Review HUAWEI WATCH FIT 2 Baterai tahan 5 hari

REVIEW Poco F4 Lebih baik dari Poco F3 Indonesia

REVIEW Poco F4 – Lebih baik dari Poco F3 ? Indonesia