in

Review Infinix Note 12 RAM 8GB Harga 2 Juta an

Review Infinix Note 12

HP baru dari Infinix. Infinix Note 12 ! Harganya 2.799 juta, 2.8 juta lah. Karakter HP ini menarik sih. Selama saya cobain, feel ala Infinixnya nggak terlalu berasa justru. Artinya bisa positif, bisa negatif. Kalau selama ini anda nggak demen sama HP Infinix, karena dia terlalu main spek banget, mungkin pikiran anda bakal berubah pas ngeliat Note 12. Apa kebalikannya juga. Kalau selama ini anda doyan sama spek HP Infinix, HP ini bakal berasa aneh. Setiap ada yang positif, ada juga sisi negatif yang ngimbangin. Kayak misalnya, kita liat desainnya aja. Infinix yang selama ini punya bentuk bulat-bulat ngelengkung buat bodinya, kali ini udah ikut standar seksi zaman sekarang, kotak kotak. Sudut HPnya dibuat lebih kaku, tajem, dan bagian pinggirnya dibikin rata aja. Ini jelas biar nggak ketinggalan tren iPhone, vivo, OPPO, atau Xiaomi yang udah duluan pake desain kayak gini ya.

Desain HP

Bagian belakangnya pun udah di dandanin biar ngikutin model yang lagi hot. Ada dua buletan kamera di belakang sini, yang keliatan gede, sama kameranya ini dibingkai pake kotak ala ala kaca gitu. Sementara sisa bodi bagian belakangnya, dia punya tekstur matte dan ada garis-garis melengkung ala rambut di iklan shampoo. Sekarang, Infinix udah lebih mikirin gaya! Udah lebih ngikutin tren, biar yang pake juga berasa lebih gaul. Mayan. Cuma, sayangnya, gayanya ini Cuma cakep di mata aja ya. Buat tangan, masih belum terlalu meyakinkan. Walaupun desain kotak gini bikin si HP jadi punya aura solid, lebih keras gitu, tapi pas dipegang, build qualitynya kayak berasa kurang kokoh. Feel plastiknya berasa. Ini PR gede sih buat Infinix. Soalnya penampilan itu memang menguntungkan, jadi kesan pertama orang pas milih HP. Tapi kalau feel megangnya nggak sekeren desain, jadinya orang malah mikir lagi.

Kelengkapan Port

Lanjut ke port. Di sebelah kanan Infinix Note 12, kita bakal nemuin tombol power yang ngerangkap sebagai sensor fingerprint, ada tombol volume juga disini, di atas dia polosan aja, di kiri ada SIM tray triple slot, terus di bawah ada headphone jack, mikrofon, port USB type C, dan speaker. Speaker stereo lho! Speaker satunya ada di earpiece. Bagian yang selama ini sering jadi kelemahan HP Infinix, sekarang malah jadi kuat di Note 12. Kualitas suara speaker atas sama bawah pun seimbang ya, Kencangnya sama, walaupun detilnya ya biasa aja, bass juga keluar dikit aja, tapi volumenya jelas lebih kenceng dari saingan di level 2 jutaan. Itu nilai plus. Tapi, nilai minusnya, HP ini nggak punya NFC. Kemarin di bawah 2 juta bisa punya NFC. Tapi di HP 2.8 jutaan malah nggak punya. Itu aneh sih. Terus sensor gyronya juga masih virtual, tidak ada hardwarenya. Kurang ramah gamer.

Layar

Layarnya pun ibarat kata kurang “gaming” ya, refresh ratenya 60Hz aja. Scroll scroll jadi ya kerasa biasa aja. Cuma kompensasinya, tipe panel yang dipake udah AMOLED, jadi warnanya cakep. Ini situasi yang mirip kayak Redmi Note 10s favorit tahun lalu sih. Layar yang nggak kenceng tapi indah. Jadi ya saling ngimbangin lah. Lebar juga kan di 6.7 inci, resolusinya Full HD+ juga. Buat nonton video, chatting, atau order barang di ojol, e-commerce, tetep berasa nyaman banget.

Chipset

Satu satunya bagian yang masih berasa “Infinix banget” dari Note 12 ini, ada di chipsetnya Helio G96. Reputasi Pawang MediaTek bener bener mereka seriusin. Mungkin karena udah ke uji kali ya, skor AnTuTu 9 nya tetep tinggi buat standar HP 2 jutaan. Chipsetnya ini ditemenin sama RAM 8GB, plus memori internal 128GB. Kalau mau yang lebih tinggi ada yang 256GB, tapi itu nambah 200-300 ribu. Performa yang dikasih juga aman lah, Ini Helio G yang paling tinggi buat sekarang. Buat main Mobile Legends ya aman lah, selama saya main, frame ratenya kadang turun ke 52 sih, tapi seringan 60 fps mulus. Kalau main PUBG pun stabil ya, settingannya di smooth high dan rata-rata selalu 40 fps. Buat main Genshin Impact pun masih bisa di setting lowest, dan ini HP 2 jutaan ya. Tapi harus agak sabar sih, karena kalau udah dimainin agak lama, bakal sering ngeframe, sama frame ratenya juga kisaran 25-30 aja. Dipake buat kelarin misi harian bisa, tapi kalau dipake buat enjoy grafiknya yang cakep, atau mandangin action keren waifu, ya kurang nyaman. Amannya buat main game mainstream aja.

Baterai

Level 2 jutaan emang gini lah. Buat baterainya, Infinix Note 12 pake kapasitas 5000 mAh. Ini spek yang oke. Tapi saya nggak sebut Infinix banget karena 80% HP zaman sekarang udah pake baterai segede gini. Daya tahannya lumayan awet, main Genshin dengan performa yang tadi selama setengah jam, dia cuma kesedot 10%. Buat speed ngecasnya sendiri mantap, udah dikasih charger bawaan 33 Watt. Setengah jam udah bisa ngisi 49%, kalau mau penuh harus dicolok 1 setengah jam. Oh iya, ngomongin soal satu setengah jam, saya jadi inget kalau sekarang Infinix punya 120 titik layanan kalau perlu bantuan servis ya, namanya Carlcare Service Center. Lokasi lengkapnya bisa diliat di website carlcare.com. Jumlahnya lumayan banyak, dan mereka ngeklaim kalau ada layanan perbaikan cepat dalam satu jam atau maksimal 72 jam, 3 hari buat perbaikan yang lebih kompleks. Langkah yang bagus banget. Komitmen mereka berasa lah kalau mau bangun banyak tempat itu ya. Ya kan nggak gampang, ya semoga tambah lama justru nambah terus.

Kamera

Lanjut soal Infinix Note 12 ini, buat kamera belakangnya, keliatannya kayak ada 3 biji gitu ya, tapi kita peduliin yang atas sini aja, yang resolusinya 50MP! Soalnya sisanya cuma pemanis doang. Kalau kamera depannya sendiri 16MP. Kualitasnya fotonya lumayan oke, dynamic range bagus, langit masih keliatan jelas, detail oke, tapi ini efek sharpeningnya lumayan berasa sih, malah pengen saya halusin dikit gitu, biar lebih enak, lebih natural. Nggak over lebay gimana lah. Sementara kalau dipake buat motret malam – malam, detailnya jelas turun, suasana masih ketangkap, walaupun nggak bagus-bagus banget. Kalau mau terang, kita bisa pakai mode Super Night, tapi hasilnya ini jelas lebay sih. Tidak natural karena ini efeknya benar benar diterangin banget. Yang gelap aja ikut diterangin soalnya. Buat kamera depannya, dia ada sistem autofocus, sampai ada tracking mata saya di sini, Kalau dari resolusi, dia bisa di 2K. Hebat juga… Tapi ya… Noise-nya berasa, cuma buat 2 jutaan ya.

Kesimpulan

Kesimpulan buat Infinix Note 12, ini HP yang nggak cocok buat fans spek atau lengkap lengkapan fitur lah. Ga ada NFC, nggak ada gyro, kamera ga ada ultrawide, layar 60Hz. Kayak belum terlalu berasa Infinixnya lah. Mungkin mereka lagi eksperimen kali, kalau mereka nawarin sesuatu yang beda, reaksinya bakal gimana ya? Kasih desain gaul! Kasih layar AMOLED! Kasih charger yang kenceng! Speaker stereo! Yang biasanya Infinix nggak kasih. Lumayan kebalikan memang. Kalau buat saya sendiri, yang demen sama Infinix yang lain, yang murah hati soal spek, saya lebih nunggu aja sih, siapa tau abis ini ada Infinix Note 12 Pro NFC gitu, yang kemarin kan ada tuh, Infinix Note 10 Pro NFC! Yang saya bilang Xiaomi ketar-ketir. Cuma kalau ini, Xiaomi nggak bakal ketar-ketir sih. Di pikiran saya, Infinix itu soal spek. Kalau tiba-tiba berubah karakter begini, rasanya jadi aneh. Kuatnya kayak bukan di sini. Kalau misalnya mau pelan-pelan naikin desain yang cakep, atau layarnya cakep, itu pelan-pelan lah, kalau tiba-tiba langsung berubah, orang mungkin nggak biasa ya. Build Quality, itu dulu, terus NFC selalu ada. Jadi itu aja dulu, review buat Infinix Note 12! Mungkin kalian punya pendapat dan penilaian lain tentang gadget ini jangan sungkan berbagi dan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

blank

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Review Doctor Strange in the Multiverse of Madness – Filmnya Bagus Tapi..

Review OPPO Find X5 Pro 5G

Review OPPO Find X5 Pro 5G dengan Prosesor Gambar Marisilicon X