in

Review OPPO Find X5 Pro 5G dengan Prosesor Gambar Marisilicon X

Review OPPO Find X5 Pro 5G

Review OPPO Find X5 Pro 5G X profile image tapi ini udah bikin saya penasaran banget sejak dia dilaunching di luar ya. Soalnya jarang-jarang ada HP yang punya extra prosesor khusus buat kamera aja prosesor yang tugasnya spesifik bukan buat jalanin game bukan buatnya hemat baterai bukan buat muterin video joget-joget di tiktok tapi buat bikin hasil rekaman video kita dan jepretan foto kita jadi lebih bagus terutama di malam hari. Sejauh nih HP yang pakai sistem begituan cuma pixel aja ya lewat Google Visual core dan kita udah taulah reputasi kameranya gimana lensanya cuma seiprit tapi hasilnya selalu favorit.

Nah di Oppo Find X 5 gini kita bisa nemuin prosesor yang sejenis yang dikasih nama Mari silicon X Pada bagian kameranya nih biar orang nggak lupa Oppo ada tulis Mari silikon ini typenya neural Processing Unit ya yang artinya dia kuat di bagian AI biar software di kamera hp-nya jadi lebih pintar lagi buat dukung hardwarenya.  Sebelum kita lihat hasil foto sama rekamannya kita lihat susunan hardware kameranya dulu ya HP ini pakai sistem triple camera yang dalam proses pengembangannya Oppo ada kerjasama bareng Hasselblad itu brand kamera yang udah legendaris loh. Sekarang emang lagi ngetren si kerjasama kayak gitu kamera utama dari find x5 pro ini punya resolusi 50 megapiksel dengan sensor Sony imx-766 aperture-nya f1,7 dan dia punya sistem stabilisai lima sumbu ala-ala SLR. Ada kamera Ultra width 50 megapiksel juga sensornya sama-sama Sony imx-766 dan sudut pandangnya 110°.

Ada satu lagi kamera telephoto 13 megapiksel dengan dua kali optical zoom bisa lima kali Hybrid Zoom juga kalo buat kamera selfie nya dia punya resolusi 32 megapiksel yang ada dipojok kiri atas layar ini hasil fotonya gimana? buat saya konsisten banget mau di kondisi cahaya yang terang foto-foto outdoor di situasi yang cahayanya cukup aja kayak didalam ruangan mau foto pakai kamera utama kamera Ultra width hasil fotonya konsisten buat ukuran HP flagship yang harganya kurang lebih 15 juta ini hasil yang enggak ngejut in sih harus bisa adaptasi di banyak situasi lah mau kamera utama Ultra Width udah enggak boleh jomplang lagi fotonya berasal tajam dynamic range Oke. Cuma buat saya Processing warna Find X5 Pro ini bera lumayan kontras ya bagian yang detail lebih gelap lagi gitu jadi kelihatan lebih dramatis bikin mata lebih perhatiin.

Balik kemari silikon tadi menurut saya kalau kita motret nya di kondisi yang masih ramah kamera gini peran si mari masih belum terlalu ke pakaian prosesor gambar bawaan chipset Snapdragon 820 aja udah lebih dari cukup. Oppo pun lumayan spesifik bilang kalau Mari silikon ini disiapin buat menghadapi tantangan terbesar kamera HP ngerekam video di malam hari. Kalau buat foto Ya kamera-kamera flagship udah lumayan handalah. Termasuk Find X5 Pro buat motret malam dia udah cakep mau kita pakai mode auto pakai mode night mode hasilnya sama-sama cakep. Sudah kelihatan terang detailnya masih terjaga warna pun masih bisa ditangkap dengan baik. Buat saya malah lebih berkesan motret malam ya daripada siang hari kayak kekuatannya berasa gitu.

Buat videonya gimana tuh mirip kayak pas motret sih di kondisi cahaya cukup warnanya berasa lumayan kontras stabilisasi ok. Sementara buat kondisi malam hari ini saya ada rekam sambil matiin mode AI sama hidupin mode AI juga Jadi ada dua buat ngelihat seberapa jauh peran AInya kalau saya lihat nih ya mode AI kayak bisa ngasih hasil 20% lebih bagus dari pada non AI. Kalau kita hidup in AI nya tekstur gambar jadi lebih berasa dan dynamic range lebih luas dikit ini susah kalau pas malam hari bagian yang terlalu terang bisa jadi seimbang gitu dan suasana jadi berasa lebih terang aja bedanya berasa.

Buat kamera depannya dia bisa ngerekam di resolusi 4k dan Angle nya juga bisa kita ubah ketika agak lebih deket sama sedikit lebih jauh walaupun lensanya cuma satu ini fitur yang sebenarnya Biasa kalau buat foto Tapi kalau buat video jarang sih ada hp yang bisa kasih pilihan kayak gitu. Terus kalau di hadapin sama cahaya yang ekstrim di belakang muka juga Masih kelihatan jelas. Kesimpulannya nggak sia-sia OPPO bikin chip khusus buat Processing gambar ada faidahnya bedanya berasa tetapi bedanya enggak terlalu jomplang gimana ya enggak revolusioner sampai bikin saingan nya ke ketar ketir gitu bisa jadi karena sebenarnya prosesor dari chipset aja udah cukup karena Snapdragon udah level tinggi lo nggak perlu dibantu lagi atau alasan lain kalau mau dipikir mungkin karena Mari silikon baru generasi pertama kali ya. Oppo masih ngulik ngulik terus biar berkembang sampai jadi Killer HP lain. Yaitu Entahlah yang pasti kalau anda minat sama Oppo Find X5 Pro ngarep kameranya itu lebih ke sejajar sama flagship aja belum samping langkah in kalau bagian-bagian lain semacam bisanya baru Oppo Find X5 pro 5G ini punya ciri khas sendiri tampilannya udah lebih dipoles lagi dari Find X3 pro jadi lebih bling-bling pakai bahan keramik yang lebih keras dan tahan goresan dari pada kaca.

Speaker speaker nya nih asyik ya walaupun lubang yang gedenya itu cuma ada di bawah sini Tapi sebenernya sistemnya udah stereo yang balance. Ada satu lagi erpeace disini yang kualitas speakernya hampir bisa nyaingin di bawah. Oppo Find X5 pro 5G juga udah support fitur tahan air ip68 sama ada support fast wireless charging sampai 50 watt juga. Buat kapasitas baterainya sendiri dia lumayan gede 5000 mAh kalau kita charge pakai charger bawaan. Yap HP ini masih dapat charger bawaan yang kenceng 80 watt. Kalau kita charge pake charger bawaannya ngisi 15 menit doang udah dapat 50%. Kalau mau penuh colok 36 menit aja. Buat main game apa juga lancar lah buat PUBG pun udah bisa aman di Hard ekstrim walaupun saya tetap rekomen buat main di settingan yang dibawahnya saja ya kayak High ektrim karena kalau kita paksain hard ekstrim biar grafiknya maksimal baterainya bakal cepet abis dan frame ratenya turun dikit ke-55.  Jarang-jarang ada HP Snapdragon 820 yang bisa dapat rata-rata 50 fps keatas di Gensin impact dalam jangka waktu lama lo. Gak menyangka malah HP Oppo yang pamer kamera yang bisa dapat angka kayak gitu.

Jadi Kesimpulan saya buat hp ini kalau Anda lagi nyari HP flagship harga 15 jutaan dari Oppo Find X5 pro ini benar-benar masuk akal sih memang nggak berasa murah banget namanya flagship tapi sama sekali gak kemahalan mungkin karena ekspektasi saya udah ketinggian juga ya kirain Oppo bakal ikut-ikut flagship tren lain yang bisa tembus 20 juta an. Soalnya lumayan mirip HP 20jutaan mulai dari desain nya sampai ke fitur-fiturnya flagship layar, mesin, baterai sampai ke teknologi charging kamera enggak ada bagian dari HP ini yang kelasnya nggak tinggi. Jadi kalau misalnya Anda minat sama Oppo Find X5 Pro 5G. HP ini bisa saya rekomen.

Leave a Reply

blank

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Infinix Note 12

Review Infinix Note 12 RAM 8GB Harga 2 Juta an

Review realme GT NEO 3 150W

Review realme GT NEO 3 150W Indonesia, Charging Super Ngebut