in

Review realme GT NEO 3 150W Indonesia, Charging Super Ngebut

Review realme GT NEO 3 150W

Review realme GT NEO 3 150W Indonesia. Gelarnya unik ya, biasanya nama HP itu di belakangnya ditempelin tulisan “5G”, biar orang tau kalau si HP sudah support jaringan 5G. Tapi kali ini, di realme GT Neo 3, tulisan 5Gnya disuruh mojok dulu, kegeser sama fitur yang lebih wah, speed ngecas 150 Watt! Beh. Tambah lama tambah ngebut aja ya. Kemaren baru aja ada yang ngasih charger 120 Watt, sekarang rekornya udah dipecahin lagi. 150 Watt! Bikin GT Neo 3 ini sebagai pemegang gelar HP yang speed ngecasnya paling kenceng se Indonesia.

Makanya ga heran juga sih realme niat buat sponsorin balapan Formula E yang baru kelar Minggu kemaren. Masuk banget soalnya, HP yang aliran listriknya kenceng, sponsorin balapan mobil listrik. Posternya saja pake foto pembalap. Habis ini tim marketingnya minta naik gaji nih. Terlalu masuk soalnya. Kepala chargernya sendiri tentu udah dikasih di paket penjualan ya. Namanya charger UltraDart. Kalau saya baca speknya, ini sebenarnya malah bisa sampe 160 Watt lho. Bentuknya gede, dan rasanya padat. Konektornya pake USB type C. Kabel data yang dikasih pun udah disiapin yang tebal biar bisa support arus yang gede. Realme juga ngeklaim kalau baterainya sudah dikasih banyak proteksi, sampe 38 level, sudah lolos sertifikasi TUV Rheinland, sama ada sistem buat ngatur arus biar ngecasnya aman.

Pas saya tes, speed ngecasnya memang bener bener kenceng. Kalau dicas dari 0% ya, baru colok semenit aja udah keisi 10%. Semenit 10%… 5 menit keisi 43%, 10 menit 75%… Ya… Kita stop bentar deh. Coba bayangin dulu ceritanya, anda baru bangun tidur, terus ngeliat batre HP sekarat gara gara semalam lupa dicas. Terus anda cas pake charger 150 Wattnya, tinggalin gosok gigi, balik balik HPnya udah kecas setengah. Bisa dipakai santai seharian. Kalau ditinggal mandi, beres beres, 15 menit gitu, dari 0 udah bisa kecas sampai full. Suhunya juga nggak panas ya, anget anget dikit aja sekitar 35-36 derajat. Jadi ya ini termasuk lumayan aman lah. Realme aja berani ngeklaim kalau dia bisa dicas sampai 1600 kali dan dayanya masih bisa 80% lebih. Ini udah di atas standar industri sih yang rata-rata standarnya tuh 800 kali cas, dia harus masih nyisa 80% lebih. Ini sampai klaimnya 1600 kali.

Buat daya tahan baterainya pun oke. Kapasitasnya 4500mAh. Kalau dipake buat main MLBB, PUBGM, game yang enteng-enteng gitu, selama setengah jam, baterainya ngurang 8%. Buat main Genshin, settingan medium, setengah jam ngurang 10%. sementara kalau setting highest, setengah jam dia ngurang 19%. Bedanya jauh banget. Ini karakter mesin kelas atas lah. Kalau digeber santai dia hemat, kalau digeber maksimal dia langsung boros banget. Dan mesin kelas atas yang dipake di HP ini, juga untuk pertama kali muncul di Indonesia, namanya Dimensity 8100. Namanya tolong diingat ya. Soalnya dia punya potensi jadi chipset favorit saya buat tahun 2022. Kalau buat 2021 kemarin kan Snapdragon 778G. Kalau 2022, kemungkinan besar sampai sekarang, si Dimensity 8100. yang menurut terawangan saya bakal banyak dipakai di HP HP tipe flagship killer itu yang harganya 6-7-8 jutaan.

Soal tenaga, skor benchmark yang Dimensity 8100 udah masuk ke level atas punya ya, sekitar 820 ribuan, mirip mirip kayak Snapdragon 870 atau 888. Dan yang bikin saya bener-bener demen sama nih chipset, ada di kestabilannya yang luar biasa bagus. Pas HPnya dihajar looping benchmark AnTuTu 10x, skor paling rendahnya dapat 710 ribuan, turun sekitar 15% lah. Suhunya pun masih enak. Pas disikat aplikasi CPU throttle pun, performanya masih bisa dijaga di atas 80%, masih hijau terus selama 30 menit, nggak ada tanda tanda mau jatuh. Sama, buat pemakaian real lifenya, baru kali ini ada HP yang bisa jalanin game Genshin Impact, yang frame ratenya rata 60 fps. Dimainin setengah jam nggak ada gejolak sama sekali. Suhu juga enak, Kira-kira cuma 41-42 derajat lah. Walaupun setting yang dipakai memang cuma medium aja sih, nggak sampe highest, tapi ini sudah termasuk prestasi. Kalau misalnya emang mau dihajar ke setting paling tinggi, ya frame ratenya awal bisa 60 juga, tapi lama lama bakal ngedrop ke 35-45 fps. Buat saya udah paling mending medium aja, stabil dapat, hemat baterai juga dapat.

Kalau anda memang spesifik nyari HP buat main Genshin, realme GT Neo 3 150 Watt ini bener bener rekomen. Saya suka Dimensity 8100. Atau kalau anda suka tampilan HP yang lumayan wah, realme GT Neo 3 bisa bikin hepi ya. Bahasa desainnya mirip kayak realme GT Neo 2, yang ada garis garisnya, tapi sekarang di seri ketiga ini, garisnya dibikin ala ala mobil racing. Lagi lagi biar nyambung sama tema speed si HP. Bodinya ramping, beratnya pas di 190 gram aja, warna birunya ini pun khas mobil racing lah. Namanya aja Nitro Blue. Kalau misalnya anda nggak suka sama warna biru yang kenceng gini, soalnya kayak mungkin norak ya buat sebagian orang, ada warna putih yang kelihatan lebih kalem. Tekstur bodinya ini matte matte halus yang dipegangnya lumayan licin. Kalau mau lebih aman ada dikasih casing silikon di boxnya. Bahan bodinya sendiri udah kaca AG Glass. Dan buat unit yang kita review ini, di belakangnya ada tulisan sertifikasi gitu gitu ya, soalnya ini unit Eropa. Kalau unit Indonesia nggak bakal ada tulisannya.

Buat desain kameranya sendiri standar aja sih, ada satu kamera utama yang gede di atas, sama dua kamera pendukung di bawah. Nanti soal kualitasnya bakal kita liat. Kita keliling port portnya dulu. Di sebelah kanan ada tombol power, di atas ada mikrofon dan speaker, di kiri ada tombol volume, di bawah ada SIM tray dual SIM, port USB type C, dan speaker lagi. Jadi sistemnya stereo, udah di support Dolby Atmos juga. Suaranya sudah bagus, detailnya oke, sama bassnya juga lumayan. HP ini tentu juga udah punya NFC reader yang tipenya 360 derajat. Tapi 360 derajat di sini tuh… Cuma namanya aja ya. Pas saya coba, dia cuma bisa baca kartu yang ditempel di belakang atas. Kalau di samping, kanan-kiri, depan, ternyata nggak kebaca. Diserongin ke belakang pun dia tetap nggak kebaca. Jadi 360 ya namanya aja sih.

Mesin getarnya juga enak, udah ala-ala HP Flagship lah. Layarnya pun sudah level flagship. Sebutin aja ciri ciri layar cakep. Panel Super AMOLED? Ada. Refresh rate? 120Hz, resolusi Full HD+, ukuran 6.7 inci, support HDR10+, kacanya Gorilla Glass 5. Udah enak buat dipake ngapain aja. Udah sip. Kurangnya HP ini, dari bagian bodinya, dia belum water resistant sama belum support wireless charging. Kelengkapan fiturnya belum se-flagship itu lah.

Sama satu lagi, kamera GT Neo3 150 Watt ini juga belum seflagship itu, yang kameranya lengkap dan cakep semua, belum kayak gitu. Di HP ini, yang cakep cuma kamera utamanya aja, sisanya masih kurang. Ala-ala HP midrange lah ya. Buat kamera utama, speknya cakep. Resolusinya 50MP, sensor Sony IMX766 dan sudah ada OIS lagi. Cuma kamera ultrawide 8MP sama kamera makro 2MP. Kamera selfienya 16MP. Buat hasil fotonya, mau outdoor atau indoor, hasilnya tajam, detail bagus walaupun kelihatan sedikit oversharpen ya. Warna juga agak oversaturate, terlalu berwarna jadinya. Ini tipikal HP realme yang kuat di processing. Karena kamera utamanya ini sudah ada OIS, pas dipake buat foto low light pun masih bagus, tetap bisa keliatan terang, dengan detil yang masih kejaga dengan baik. Kalau misalnya kita aktifin night mode, bagian gelapnya jadi bisa lebih kelihatan walaupun jadinya kurang natural. Lebih terang dari aslinya. Sementara buat kamera ultrawide, ya lagi-lagi saya ingetin, hasilnya nggak terlalu tajam walaupun udah motret di kondisi terang. Warnanya berasa kontras gitu, terus pas foto low light, hasilnya bener bener halus. Bisa lebih mendingan kalau pake night mode, tapi ya ini jauh sama kamera utama. Kalau flagship kan dia lumayan mirip lah. Buat perekaman kamera depan, dia bisa di 1080p, dan 720p, nggak ada 4K di sini, Dynamic range dia oke sih, kalau kita tembakin yang terang banget, Stabil juga.

Kesimpulan saya sama realme GT Neo 3 150 W Indonesia. HP ini, mainnya serba speed lah. Kecepatan. Wuzz Wuzz. Feel pakainya juga berasa segar, beda dari HP yang sudah sudah karena dia emang ngebawa banyak hal baru. Mau ngomongin soal desain, ini gayanya udah ala ala racing, soal speed mesin, ada Dimensity 8100 pertama di Indonesia. Dia garang tapi tetep stabil. Soal ngecas apalagi, 150 Watt nya pecah rekor jadi yang nomor satu buat sekarang. HP ini bener bener rekomen buat anda yang nyari performa maksimal, gaya maksimal, layar maksimal dengan harga yang nggak terlalu maksimal, tapi kurang cocok buat anda yang nyari kamera paling cakep di HP kelas 7 jutaan. Belum bisa menang semua lah HP ini, harus ada yang lemahnya, karena… Ya 7 juta kalau sempurna di segala hal, too good to be true sih, jadi memang ada satu bagian yang saya kurang oke. Soalnya saya bandinginnya sama yang belasan juta sih. Jadi agak berat lah kamera belasan lawan yang ini. Kalau standarnya 7 jutaan, 5 jutaan, 6 jutaan, semuanya udah mantul!

Leave a Reply

blank

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review OPPO Find X5 Pro 5G

Review OPPO Find X5 Pro 5G dengan Prosesor Gambar Marisilicon X

Review HUAWEI WATCH FIT 2 Baterai tahan 5 hari

Review HUAWEI WATCH FIT 2 Baterai tahan 5 hari