in

Review vivo T1 5G Indonesia, Smartphone 5G paling murah

Review vivo T1 5G Indonesia, Smartphone 5G paling murah

Review vivo T1 5G Indonesia, Smartphone 5G paling murah. Ini adalah Vivo T1 5G! HP Vivo yang lumayan ajaib ini, soalnya dengan harga kurang lebih 3 juta, kita bisa dapetin HP Vivo yang chipsetnya kenceng, dan udah support jaringan 5G juga! Dahsyat!

Buat ukuran realme sama Xiaomi pun, masih langka kan ada HP 3 juta udah support 5G. Jujur aja, kemaren pas Vivo pinjemin nih HP ke saya, saya sempet skeptis gitu sih, soalnya mereka berani banget bilang kalau HP ini adalah smartphone 5G paling cepat buat kelas mid range dengan turbo performance! Buat saya itu lucu sih. Ibarat Messi bilang kalau dia itu jago main badminton. Salah kamar!!

Selama ini kan Vivo 3 jutaan itu ya ngandelin apa sih? Kalau nggak desain, ya baterai, ya kalau nggak, mentok-mentok kamera. Mana ada ngandelin speed? Sekarang tiba tiba langsung main klaim aja kalau dia ini paling kenceng. Halu kali ya?

Tapi, setelah saya tau harga fixnya, dan spek yang dipake di dalemnya, kepedean Vivo jadi masuk akal banget. Mulai dari harga nih ya, Vivo T1 5G ini punya dua varian harga: Buat RAM 4GB internal 128GB, harganya 2.999 juta. 3 juta lah. Ada satu lagi varian RAM 8GB, internal 128GB, kayak yang kita bahas sekarang, harganya 3.399 juta. Terus yang menariknya, chipset yang dipake Vivo T1 5G ini juga kenceng, MediaTek 810. HP HP lain yang sekelas, palingan pake apa sih buat harga 3 juta? Palingan Snapdragon 680 yang masih support jaringan 4G aja, dan skor benchmarknya juga masih kalah! Kayak di AnTuTu 9, skor Snapdragon 680 kan kisarannya di 270ribuan tuh. Kalau Dimensity 810 di Vivo T1 5G ini, bisa kena di 370 ribuan. Beda jauh. Pas saya tes di Geekbench pun, skor yang didapet Dimensity 810 juga lebih tinggi. Selisihnya bisa 20-30% lebih. Buat performa gamingnya sendiri, kalau dipake buat main Mobile Legends, setting grafisnya udah aman, main di setting high, high frame rate, mulus. Terus kalau main PUBGM, bisa jalan di smooth high juga, mentok 40fps. Ini lebih bagus daripada si Snapdragon 680 yang masih kekunci di 30fps. Sementara buat main game berat kayak Genshin Impact, dia masih bisa dapet frame rate di rata rata 36.6 fps, kalau kita pake setting lowest mode balanced ya, mode yang biasa. Saya lebih saranin buat aktifin mode performance, kalau lagi main game berat gini, soalnya frame ratenya itu bisa nambah jadi rata rata 40fps! Cakep. Cuma, yang harus jadi catetan, kalau gamenya dimainin agak lama, dia nggak panas, tapi frame ratenya bakal ngelambet ke 24-30 fps buat ngejaga suhu. Turunnya itu sekitar 5 menitan lah, habis itu naik lagi.

Sistem pendingin liquid coolnya buat saya terlalu agresif sih ini, padahal menurut saya suhunya sama sekali ga bisa dibilang panas lho! Liat aja dari sini, pas diukur pake kamera thermal, titik paling panasnya itu di 37 derajat doang, padahal HP lain itu paling 40 derajat ya baru bisa throttiling. Ini 37 udah turun. Yah, setelah ngetes ngetes performa gini, saya setuju lah, kalau Vivo T1 5G, pantes buat disebut salah satu smartphone paling kenceng di kelasnya. Udah support 5G lagi. Jangan lupain itu. Sekarang, ya okelah performanya kenceng. “Tapi bagian lainnya gimana bang?” “Banyak dikorbanin kah biar bisa dapet performa kayak gitu?” “Kan nggak jarang HP 5G, ya banyak makan bagian-bagian lain biar dia bisa tetep murah.” Sisanya buat saya sih, kayak HP Vivo biasa sih. Mirip seri Y yang 3 juta-an 4 juta-an juga kalau saya bilang. Kayak bagian belakangnya ini, warnanya udah terlalu familiar lahya. Namanya Rainbow Fantasy yang keliatan biru-biru dan ada merahnya dikit, tergantung pantulan cahaya. Feel megangnya enak, teksturnya matte licin licin. Build quality-nya juga oke. Cuma ada satu bagian yang bikin mata saya agak gatel, ada di deket kameranya ini, yang kayak ada garis ini nih. Saya kirain: “Oh, tumben Vivo kasih plastik pelindung buat backcovernya,” “biar ga lecet-lecet sampai ada batasnya gini kan” Tapi pas saya mau lepasin…. Nggak bisa! Karena memang ga ada lapisan apa apa. Nggak ada plastik, nggak ada apa gitu, ini rata aja. Vivo sengaja bikin garis pemisah kayak gini. Ntah maksudnya biar apa. Buat saya ini agak aneh sih. Biar beda kali ya? Di sebelah kanan HP ini ada tombol power yang ngerangkap sensor sidik jari, terus ada tombol volume juga. Di atas ada mikrofon dan SIM tray hybrid, di kiri polosan aja, dan di bawah ada headphone jack, mikrofon lagi, port USB type C, dan speaker mono yang suaranya udah lumayan enak. Buat sensor kayak gyro, udah ada, dan NFC juga udah ada. Vivo 3 juta ada NFC itu lumayan kejutan sih buat saya. Disini Vivo kayak lumayan murah hati lah. Cuma sayangnya, layar dari Vivo T1 5G ini kerasa biasa aja ya. Masih standar dengan refresh rate 60Hz. Padahal kalau 90Hz, atau ya nggak usah sampe 120Hz deh, 90 Hz aja, HP ini bakal killer banget. Ini ada kelemahannya lah, 60 Hz. Modelnya juga masih pake poni tetesan air. Ukuran layarnya sendiri di 6.59 inci ya, panelnya IPS LCD, dan resolusinya Full HD. Kualitas warna yang dikasih udah keliatan enak, walaupun nggak secerah AMOLED. Nah, buat daya tahan batere 5000 mAh nya sendiri, dia juga standar aja, cuma itu bagus karena awetnya sama kayak standar 5000 yang mAh lain. Kayak misalnya, kalau dipake buat nonton Youtube sejam, dia cuma butuh 4-5% doang, TikTok sejam, 7%, MLBB ato PUBGM setengah jam, dia 6% aja, Terus kalau kita cas pake charger bawaan 18 Wattnya, setengah jam dapetnya 37%. Agak lambat ya! Kalau mau penuh, butuh waktu sampe 2 jam 8 menit.

Sementara buat kualitas kameranya sendiri, Vivo T1 5G pake sistem setup triple camera. Dengan kamera utama di 50MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera Super Macro 2MP. Ya jatuhnya ini 1 kamera doang sih, nggak usa ngarepin yang lain, 50 MP aja yang ada gunanya. Kalau kamera depannya, dia 16 MP. Buat foto outdoor, di kondisi cahaya yang banyak, yang cerah gitu, saya suka sama hasilnya. Buat ukuran harga 3 juta, menurut saya ini udah bagus. Detilnya dapet, warnanya natural, nggak kusam dan nggak lebay. Palingan ada di bagian detail-nya aja yang agak oversharpen, cuma ini masih enak diliat juga. Nggak selebay kayak HP-HPnya Realme gitu. Dynamic range juga berasa bagus walaupun nggak se-Wah HP mahal ya. Buat foto indoor pun masih asik. Warna masih bisa dijaga cerah! Detail aja yang udah berasa kurang, Cuma masih enak aja. Kalau udah motret low light nih, baru kualitasnya nurun banget! Terutama detail-nya berasa alussssss. Mudah goyang lagi! Harus ekstra stabil pas motret malem malem, dan itu pun hasilnya ala kadarnya aja. Buat kamera depannya, dia bisa ngerekam di resolusi 1080P, dan kalau saya lihat previewnya di layar kayak gini, dia kelihatan lumayan tajem sih. Oke, kalau dari stabil, lumayan stabil sih. Ya tapi kalau jalan, kelihatan agak geter, dalam batas normal. Sip,sip. Kalau dynamic range, belakang terang banget, muka masih kelihatan oke… Sippp!

blank
blank

Kesimpulan saya buat Vivo T1 5G! Gini dong Vivo! Lanjutin terus HP-HP kayak ginian. Walaupun saya nggak terlalu suka ya sama kalimat: “Saya suka T Series, saya merekomendasikan T Series”, ya tapi harus diakuin ini HP yang bagus. Kalau kita denger brand Vivo, biasanya langsung kepikir kalau performanya itu…. bukan prioritas lah, Vivo. Performa apa sih? Tapi di T1 5G, ceritanya beda. Performanya super mantap! Salah satu yang terbaik di kelasnya saya akuin, udah support 5G juga, dan yang paling penting, keduanya itu bisa dicapai tanpa ngorbanin bagian lain yang udah jadi ciri khas Vivo. Misalnya dari desain warna warni, layar model yang yang nggak terlalu oke sih, tapi ya Vivo lah ini. Baterenya awet, dan kamera yang bagus juga, kecuali soal low light. Cuma harga 3 jutaan ya wajar lah.

Kalau anda lagi nyari HP yang mereknya harus Vivo, saya bilang jangan lihat Y atau yang lain, mending T1 5G aja. Ini kalau nyari Vivo, ini bagus. Dan kalau anda lagi minat sama HP 3 jutaan, ngelirik brand lain, Ya HP ini bisa tetep dipertimbangin buat jadi alternatif Xiaomi dkk, kalau anda nyari performa, ini menang sih dari Xiaomi dkk. Kalau nyari yang lebih all rounded, bisa liat realme 4G, xiaomi 4G. Dunia udah kebalik ya? Biasanya kesimpulan-nya itu: Pilihlah Xiaomi kalau nyari performa. Pilihlah Vivo kalau lebih merata.

Kali ini pilihlah Vivo kalau nyari performa, Xiaomi kalau lebih merata. Whaaaaatttt??? Yahh, kejutan yang menyenangkan sih.

Demikian review buat Vivo T1 5G!

Leave a Reply

blank

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Poco F4 setelah seminggu pakai

Gak jauh beda dengan Poco F3!! Review Poco F4 setelah seminggu pakai

7 Tips Bikin Akun Instagram Aman dari Serangan Hacker

7 Tips Bikin Akun Instagram Aman dari Serangan Hacker!